10 Tips Menghadapi Masa PPL

Foto : AKR
10 Tips Menghadapi Masa PPL | Mengajariku.com - Bagi sahabat yang mau menjadi seorang guru ada salah satu ujian "BERAT" yang harus kalian lalui yaitu PPL, PPL adalah kepanjangan dari Program Pengalaman Lapangan, PPL sendiri biasanya dilaksanakan pada semester tujuh jadi untuk sahabt yang duduk di semester enam sebaiknya bersiap diri untuk menghadapinya.  Dari kepanjangannya sendiri sahabat pasti tahu apa itu PPL, dimasa PPL sahabat akan diuji seperti apa menjadi guru itu, apa saja tugas guru, bagaimana menjadi seorang guru yang profesional, bagaimana menghadapi siswa, bagaimana menyampaikan materi pelajaran, WOW masih mau menjadi guru..???? Tapi tak perlu kawatir mengajariku.com kali ini akan membagikan tips menghadapi PPL.

1. Ikuti Dengan Serius Mata Kuliah MICROTEACHING.

Bagi sahabat yang sering males bahkan bolos kuliah disemester sebelumnya sebaiknya disemester enam kali ini sahabat mulai serius untuk mengikuti perkuliahan karena biasanya disemester ini kalian akan ada mata kuliah Microteaching.  Mata kuliah ini membahas tentang beberapa keterampilan dalam mengajar, terdapat delapan keterampilan mengajar. dan juga praktik mengajar, dari mulai membuat Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), Media Pembelajaran, Metode,Strategi,Model Pembelajaran sampai Evaluasi pembelajaran.

2. Pelajari Kembali Mata Kuliah  Penting.

Apa saja mata kuliah penting? semua mata kuliah yang pernah sahabat  pelajari disemester sebelumnya, tapi ada beberapa materi kuliah yang perlu untuk dipelajari kembali seperti Rencana Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Asesmen, Manajemen Kelas dll.

3. Mengikuti Masa Pembekalan PPL.

Pembekalan PPL biasanya diselenggarakan oleh kampus dan mendatangkan beberapa narasumber untuk memaparkan beberapa materi, nasihat atau "wejangan".

4. Jaga Penampilan Sahabat.

Ini sangat penting sahabat khususnya bagi sahabat yang PLL di SMA, sahabat akan mendapat gelar istimewa dari siswa yaitu GURU PPL GANTENG 👳 dan GURU PPL CANTIK 👩. tapi jangan terlalu menor yang sahabati nanti dijuluki GURU PPL MENOR atau GURU PPL GANJEN. untuk sahabat calon pak guru rambutnya ditata biar klimis 😀 Untuk guru PPL di SD juga sama, jangan lupa anak kecil tidak mungkin bohong, jadi jaga penampilan sahabat, anak SD cenderung Ceplas-ceplos jadi kalo penampilan sahabat agak berbeda maka siap-siap kena komen siswa sahabat. dan ini pernah penulis alami, rasanya malu pake banget... 😂 anak SD juga cenderung suka KEPO tanya alamatlah, nomo HP, Akun Fb,twitter,IG

5. Gunakan Jam Tangan Ditangan Kanan.

Apa Hubungannya sama PLL?? Ngaco bin Lebay nih penulisnya... Sabar sahabat,, sangat ada hubunganya. Sahabat saat mengajar itu dibatasi waktu. itulah mengapa ada pepatah yang mengatakan "WAKTULAH YANG MEMISAHKAN KITA" jadi saat sahabat mengajar agar tidak kelihatan sering lihat jam dinding lebih baik lihat jam tangan sahabat, karena guru yang sering melihat jam dianggap kurang menguasai materi dan bingung mau diapain nih siswanya, dan jangan sampai sahabat belum selesai menjelaskan materi atau belum melakukan evaluasi ternyata waktunya sudah selesai. salah satu caranya adalah dengan curi-curi kesempatan untuk melihat jam tangan, jadi pada saat sahabat mengajar tentu sahabat akan menulis di papan tulis dan menulisnya dengan tangan kanan tentunya, jadi saat sahabat menulis dipapan tulis sahabat bisa sekalian melihat waktu di jam tanagan sahabat, berbeda jika sahabat menggunakan jam tangan di tangan kiri, akan kelihatan kalau sahabat melihat jam. itulah alasannya.

6. Akrab Dengan Guru-Guru Yang Lain dan Sesama Mahasiswa PPL

Ini juga sangat penting, sahabat ibaratnya tamu jadi sahabat harus akrab dengan tuan rumah. Dari pengalaman penulis saat PPL kita dinilai oleh Guru dengan APKG ada APKG 1 dan APKG 2 jadi sahabat harus akrab dengan guru agar dapat nilai bagus. Bahkan dari pengalaman teman penulis sangking akrabnya dengan guru, dia tidak disuruh mengajar tapi diajak ngobrol, enakkaan,,,
Anda akan melihat sifat asli teman anda...

7. Selalu Membawa Print Out KKO (Kata Kerja Operasional)

Bagi sahabat yang sedang "apes" karena mendapat sekolah yang isinya kritikus semua, alias gurunya kritis banget, maka sahabat perlu selalu membawa printout KKO karena ketika RPP sahabat dikritisi, sahabat bisa "Beradu" argumen dengan sang guru, tapi jangan ngeyel, cukup kasih argumen, selebihnya iya-iyain aja. Untuk guru PPL di SD buat jaga-jaga aja. pengalaman penulis guru-guru SD belum tau apa itu KKO,Taksonomi malah penulis dikasih arahan membuat TIU dan TIK selama kuliah penulis belum pernah belajar itu.

8. Manfaatkan Masa Observasi 

Saat awal-awal PPL sahabat akan melakukan Observasi, manfaatkan masa ini untuk mengenal siswa yang akan sahabat ajar dan mengamati keadaan dan kondisi kelas termasuk mengamati siswa-siswanya.

9.  Susun Jadwal Mengajar

Jangan Lupa untuk menyusun jadwal mengajar, pengalaman penulis, kami mahasiswa PPL yang membuat jadwal sendiri,

10. Mulailah Mencicil Laporan PPL

Comments

Popular posts from this blog

Kumpulan Judul Skripsi Pendidikan Luar Biasa

Soal Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

Kampus Jurusan PGSD Di Lampung