5 Cara Mengenalkan Pendidikan Seks Sejak Dini Kepada Anak

5 Cara Mengenalkan Seks Sejak Dini | Mengajariku.com Akhir-akhir ini masyarakat indonesia digegerkan dengan Maraknya kasus kekerasan terhadap anak dibawah umur, kasus ini membuat kekhawatiran bagi orang tua khususnya para ibu. Ini dikarenakan kekerasan seksual tersebut terjadi hampir setiap waktu dan terjadi dimana-mana, termasuk di Indonesia. Baru-baru ini Indonesia dikejutkan dengan terbongkarnya grup pedofil di sosial media facebook yang bernama "Official Candy's Group" Grup ini berisikan tentang berbagai foto dan video kekerasan seksual terhadap anak, hingga tips-tips bagaimana membujuk dan merayu anak dibawah umur agar mau diajak berbuat yang tak pantas.



Kekerasan seksual terhadap anak banyak terjadi masyarakat bahkan tidak hanya dilakukan oleh orang yang tidak dikenal, melainkan dapat terjadi dari orang terdekat kita, Banyak kasus-kasus yang terungkap kekerasan seksual dilakukan oleh orang-orang terdekat korban, seperti tetangga mencabuli anak tetangganya, kakek mencabuli cucunya, hingga kasus yang paling miris adalah seorang ayah yang berani mencabuli anak kamdungnya,. Hal ini disebabkan oleh perilaku menyimpang dari pelaku dan tentunya dipermudah dengan korbannya yang merupalan seorang anak-anak, yang notabennya belum tahu tentang seksual, Untuk itu sangat penting bagi orang tua untuk mengajarkan pendidikan seks terhadap anak sejak dini.


1. Ajarkan Pendidikan Seks Sejak Anak Pra Sekolah



Tahap awal yang harus anda ketahui adalah bukanlah suatu hal yang tabu saat berbicara tentang seks, tentunya berbicara tentang seks kepada anak pra sekolah harus dengan bahasa yang mereka pahami, jangan pernah membohong anak demi menutupui suatu hal yang anggap tabu tersebut, justru sebaliknya anda harus membicarakannya dengan anak anda.

2. Kenalkan Bagian Tubuh Sensitif Anak



Kenalkan kepada anak bagian-bagian tubuh dan fungsinya, kemudian berikan penjelasan kepada anak bahwa ada bagian-bagian tubuh tertentu yang tidak boleh dilihat dan disentuh orang lain. Jangan pernahembohongi anak tentang bagian tubuh sensitifnya, apabila anak bertanya tentang bagian tubuh sensitifnya sebaiknya jelaskan dengan benar tentunya dengan bahasa yang dapat dipahami oleh anak.

3. Ajarkan Untuk Selalu Menutup Auratnya(berpakain sopan)



Cara paling efektif adalah dengan menanamkan ajaran ajaran agama, bagi anda yang beragama muslim ajarkan anak anda untuk selalu menutup auratnya, dan jelaskan bahwa itu adalah perintah agama,dan jelaskan mengapa itu diperintahkan. Bagi anda yang non muslim sebaiknya anda mengajarkan untuk memakai pakaian yang sopan(tertutup)

4. Ajarkan Kepada Anak Bahwa Laki-laki Dan Perempuan Itu Berbeda



Orang tua wajib untuk mengajarkan atau mengenalkan tentang perbedaan antara laki-laki dan perempuan, laki-laki dan perempuan itu berbeda, bagi yang muslim tentu dipermudah dengan konsep mahrom atau yang biasa disebut muhrim, bahwa laki-laki dan perempuan itu tidak boleh bersentuan, lagi-lagi agama memang menjadi filter dan pelindung yang sangat baik bagi anak.

5. Tanamkan Budaya Malu Pada Diri Anak



Ini yang biasa dilakukan oleh orang tua yaitu sembarangan dalam mengasuh anak, sepertijika anak anda kebelet buang air biasanya orang tua cenderung sembarangan bukannya dibawa ke toilet, dengan anggapan bahwa anak belum memiliki rasa malu, ini sebenarnya akan mempengaruhi psikologis anak, anda harus dari sejak dini mengajarkan rasa malu tehadap anak anda.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang 5 cara mengenalkan pendidikan seks sejak dini kepada anak, semoga bermanfaat bagi orang tua sekalian, jangan lupa share ke yang lain, Terima kasih.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Tematik Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Aku Anak Mandiri

Kumpulan Judul Skripsi Pendidikan Luar Biasa

Download Kumpulan Rumus Matematika SMP Lengkap PDF