6 Tips Sebelum Memulai Usaha

6 Tips Sebelum Memulai Usaha |  Mengajariku.com Sebelum membuka suatu usaha anda sebaiknya memikirkan beberapa hal, agar usaha yang akan anda geluti bisa bertahan atau bahkan bisa berkembang pesat, untuk memulai suatu usaha tidak segampang yang anda pikirkan, bisa-bisa jika anda gegabah dalam memulai usaha, usaha anda tersebut tidak dapat berkembang bahkan anda bisa gulung tikar. Untuk itu ada bisa memperhatikan 6 tips sebelum memulai usaha berikut ini:



Berikut 6 Tips Sebelum Memulai Usaha:
1. Memilih Jenis usaha

Yang harus menjadi fokus pertama sebelum memulai sebuah usaha adalah menentukan jenis usaha yang akan anda buka. Untuk menentukan jenis usaha tidak boleh sembarangan, anda harus memperhatikan aspek-aspek yang menunjang keberhasilan usaha anda, untuk memilih usaha apa yang akan anda buka sebaiknya sesuai dengan Modal, Keahlian yang anda miliki.


Baca Juga : 5 Jenis Peluang Usaha Rumahan Dengan Modal Kecil

2. Menentukan Calon Konsumen

Sebelum memulai usaha anda memang sudah harus menentukan siapa yang akan menjadi konsumen dari usaha anda. Misalnya anda akan pembuka usaha ATK (Alat Tulis Kantor) maka calon konsumen anda adalah perkantoran , mahasiswa atau Siswa Siswi Sekolah.

3. Memilih Tempat

Tempat yang bagus bukanlah tempat yang rame namun tempat yang bagus ialah tempat yang berdekatan atau yang berada dalam calon konsumen anda, misalnya ada suatu tempat yang rame dengan orang namun tempat tersebut berdekatan ataupun orangnya petani sayur maka anda jangan bejualan sayur ditempat tersebut namun anda bisa berjuaan ikan ditempat tersebut.

4. Riset Pesaing Usaha

Ini merupakan suatu hal yang sangat penting yang harus anda lakukan sebelum memulai suatu usaha, sebelum memulai usaha sebaikknya anda melakukan riset tentang ada atau tidaknya pesaing anda nanti, jika ada pesaingnya maka kerja anda akan dua kali lebih berat, contoh anda akan membuka warung bakso, sedangkan disitu ada warung bakso yang buka sejak lama, maka selain anda memikirkan bagaimana usaha anda akan bertahan, anda juga harus berpikir bagaimna cara mengalahkan pesaing anda, namun perlu dicatat bahwa bersainglah dengan cara yang sehat, tentunya dengan adanya pesaing maka anda harus berinovatif dan berkreasi dalam membangun usaha anda, dan itu sangat menguras pikiran dan tenaga anda. Untuk itu semakin sedikit pesaing anda, maka semakin mudah pula membangun usaha anda.

5. Modal

Untuk memulai usaha sebaiknya memulai dengan dana atau modal yang telah anda miliki, anda bisa memulai usaha anda dari yang terkecil terlebih dahulu, namun lambat laun anda harus mengembangkan usaha anda jauh lebih besar dari sebelumnya, jangan pernah memaksakan diri untuk membuka usaha yang justru akan membuat anda terjerat hutang, apalagi hutang berbunga. 

6. Promosi Besar-besaran

Yang dimaksud promosi besar-besaran bukanlah promosi yang mengeluarkan dana yang besar namun mengeluarkan segala cara dan usaha untuk mempromosikan usaha anda sebelum membukannya, promosi ini sangatlah penting, bayangkan jika anda jalan disuatu tempat dan di tempat tersebut ada sebuah usaha katakanlah warung makan padahal sebelumnya tidak ada dan anda belum tahu jika ditempat tersebut akan dibuka sebuah warung makan, saya pastikan anda tidak akan makan disitu, untuk itu untuk mempromosikan usaha anda, anda bisa memasang banner di tempat yang akan anda gunakan jauh sebelum anda membuka usaha anda, sebar brosur keseluruh tempat disekitar anda atau kepada calon konsumen anda, atau anda bisa menggunakan kecanggihan teknologi masa kini dengan mempromosikannya melalui sosial media.

Demikianlah yang dapat saya bagikan tentang 6 tips sebelum memulai usaha, semoga bermanfaat bagi anda yang ingin memulai membuka usaha, semoga sukses, Terima Kasih Wassalam.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Tematik Kelas 3 Tema 8 Subtema 2 Aku Anak Mandiri

Soal Tematik Kelas 3 Tema 8 Subtema 3 Aku Suka Berpetualang

Download Kumpulan Rumus Matematika SMP Lengkap PDF