Pengertian dan Tujuan Model Problem Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli

Pengertian dan Tujuan Model Problem Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli | Mengajariku.com -  Menguasai banyak model pembelajaran sangatlah penting bagi seorang guru, dengan banyaknya model pemebelaran yang dikuasi, guru akan semakin mudah dalam menyampaikan materi pelajaran, selain itu, tujuan pembelajaran akan tercapai jika tepat dalam memilih model pembeajaran, kali ini mengajariku.com akan membahas tentang Pengertian dan Tujuan Model Problem Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli, sebelum membahasnya, bagi anda yang belum mengetahui pengertian model pembelejaran silahkan baca:

Pengertian dan Tujuan Model Problem Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli

1. Pengertian Problem Based Learning
 
Menurut Uno dan Mohammad (2011: 112) Problem Based Learning merupakan pembelajaran yang menggunakan masalah authentic sebagai sumber belajar, sehingga siswa dilatih  berpikir tingkat tinggi dan mengembangkan kepribadian lewat masalah dalam kehidupan sehari-hari. 

Menurut Wisudawati dan Sulistyowati (2014: 89) problem based learning adalah mengajukan suatu masalah yang sesuai dengan kenyataan dan bermakna kepada siswa untuk diselidiki secara terbuka dan ditemukan solusi penyelesaiannya.

Menurut Sanjaya (2014: 214-215) problem based learning merupakan rangkaian aktivitas pembelajaran yang menekankan pada proses penyelesaian masalah yang dihadapi secara ilmiah. Guru harus memilih bahan pelajaran yang memiliki permasalahan yang dapat dipecahkan, permasalahan tersebut dapat diambil dari buku atau dari sumber-sumber lain.

Menurut Ibrahim dan Nur (2000)  dalam Rusman ( 2014: 241) problem based learning adalah model pembelajaran yang digunakan untuk merangsang berpikir tingkat tinggi siswa dalam situasi yang berorientasi pada masalah dunia nyata.

Berdasarkan Pendapat para ahli di atas dapat disimpulkan problem based learning adalah suatu pembelajaran yang menggunakan masalah autentik sebagai sumber belajar dan menuntut siswa untuk menyelesaikan masalah tersebut.

2. Tujuan Problem Based Learning 

Tujuan Problem Based Learning  adalah untuk membantu siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir, menyelesaikan masalah, dan kemampuan sosial yang tinggi (Wisudawati dan Sulistyowati, 2014: 89).

Menurut Ibrahim dan Nur  dalam Rusman (2014: 242) tujuan problem based learning adalah: (1) membantu siswa mengembangkan kemampuan berpikir dan memcahkan masalah; (2) belajar berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata; (3) menjadi para siswa yang otonom.

Sedangkan menurut Rusman (2014: 238) tujuan problem based learning adalah penguasaan isi belajar dari disiplin heuristic dan pengembanagan keterampilan pemecahan masalah. Dalam problem based learning ini juga terdapat belajar tentang kehidupan, keterampilan memaknai informasi, kolaboratif dan belajar tim, dan keterampilan berpikir reflektif dan evaluatif. 

Berdasarkan pendapat ahli mengenai tujuan problem based learning, maka dapat disimpulkan bahwa problem based learning memiliki tujuan antara lain: (1) membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan menyelesaikan masalah, (2) melibatkan siswa dalam pengalaman nyata, (3) mengembangkan keterampilan memaknai informasi, kolaboratif dan belajar tim, dan keterampilan berpikir reflektif dan evaluatif.

Demikian yang dapat saya bagikan tentang Pengertian dan Tujuan Model Problem Based Learning (PBL) Menurut Para Ahli semoga bermanfaat bagi anda yang sedang mencari informasi tentang PBL. Terima Kasih Wassalam.

Sumber: Skripsi Admin

Comments

Popular posts from this blog

Soal Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

Kumpulan Judul Skripsi Pendidikan Luar Biasa

Niat Mandi Nifas Setelah Melahirkan