Macam Macam Kunci Layar Android

Macam Macam Kunci Layar Android - Untuk mengamankan HP anda dari tangan usil teman, sebaiknya anda mengunci HP anda sehingga teman-teman anda tidak bisa dengan mudah membuka dan menggunakan HP anda senak Jidatnya. Kali ini saya  akan membagikan informasi tentang macam-macam kunci Layar HP Android dengan Kelebihan dan kekurangaannya secara lengkap. Berikut Macam Macam Kunci HP Android:

Macam Macam Kunci Layar Android | Mengajariku.com


Password  

  • Kelebihan: Kata sandi yang kuat sangat aman.
  • Kekurangan: Tidak nyaman untuk digunakan
  • Kapan Menggunakannya: Bila Anda sedang membutuhkan tingkat keamanan tertinggi.

Kata sandi terbilang masih cara paling aman untuk mengunci HP Anda. Kata sandi yang kuat sangat sulit bahkan mustahil untuk dibobol, dan bisa dipastikan HP Anda dan semua file di dalamnya tetap aman. Kekurangan kata sandi adalah Anda harus mengetikkannya terlebih dahulu ketika Anda ingin membuka kunci HP Anda. Dan anda harus mengulanginya setiap ingin menggunakan HP.

Kode PIN 

  • Kelebihan: Lebih mudah digunakan daripada kata sandi.
  • Kekurangan: Kode PIN sulit untuk diingat.
  • Kapan Menggunakannya: Sebagai cadangan untuk opsi keamanan HP.
Kode PIN adalah alternatif pengamanan selain kata sandi. Dalam Android bisa membuat PIN hingga 16 digit, sehingga setara dengan 10 kombinasi quadrillion. Meskipun PIN 16 digit sangatlah aman dan sulit untuk dibobol, namun sangat sulit diingat.
Kebanyakan orang menggunakan PIN empat digit, yang hanya memiliki 10 ribu kombinasi. Namun masih Tidak mungkin ada yang akan bisa membobolnya, selama Anda tidak menggunakan PIN yang mudah ditebak seperti 1234 atau 5555.


Kunci Pola 

  • Kelebihan: Sederhana dan intuitif untuk digunakan.
  • Kekurangan: Banyak orang menggunakan pola yang sangat sederhanasehingga dapat ditebak.
  • Kapan Menggunakannya: Jika HP Anda tidak memiliki fitur pemindai sidik jari dan tidak suka PIN.
Fitur Kunci pola mengharuskan Anda untuk menggambar atau menghubungkan pola pada sembilan titik.  Anda harus menghubungkan secara horizontal, vertikal, atau diagonal. Mudah digunakan karena hanya dengan menggesek layar HP, dan jika anda sudah hapal anda bisa membukanya dengan cepat. Menghubungkan hanya empat titik pola menghasilkan 1.624 kombinasi. Sedangkan Menggunakan kesembilan memiliki hampir empat ratus ribu kombinasi.

Berdasarkan Penelitian menunjukkan bahwa orang yang malas saat membuat pola. Mereka cenderung menggunakan empat atau lima titik, dan di mulai dari salah satu sudut, dan mereka menggambar bentuk umum. Sehingga seseorang dapat mengetahui pola yang anda buat.


Sensor Sidik Jari 


  • Kelebihan: Cepat dan cukup aman.
  • Kekurangan: Sensor tidak selalu ditempatkan di tempat yang tepat.
  • Kapan Menggunakannya: Default untuk sebagian besar pengguna.
Sensor sidik jari sekarang ini sangat umum digunakan di banyak ponsel. Fitur ini menjadi salah satu metode membuka kunci yang disukai bagi banyak orang. Dikarenakan. Cepat, intuitif, dan aman.
Beberapa telepon, bahkan sudah mendukung gerakan sidik jari. Anda dapat membuka panel notifikasi dengan hanya menggesekkan sensor. Sayangnya, tidak semua sensor sidik jari itu sama. Beberapa lebih responsif, tidak ditempatkan di posisi terbaik (di tengah atau di belakang). Anda juga tidak dapat menggunakannya jika sedang menggunakan sarung tangan.


Pengenalan Wajah

  • Kelebihan: Cepat dan buka kunci ponsel Anda hanya dengan sekilas.
  • Kekurangan: Tidak aman.
  • Kapan Menggunakannya: Hanya jika Anda tidak memerlukan akses ke aplikasi perbankan atau pembayaran atau aplikasi penting lainnya. 
Android pertama kali merilis unlocking wajah pada tahun 2011. Ini merupakan fitur keamanan yang sangat lemah karena Anda bisa membukanya menggunakan foto.
Ada dua jenis pengenalan wajah. ID Wajah Apple menggunakan sensor inframerah untuk membaca dan mengenali wajah Anda yang sangat detail. Apple mengklaim 20 kali lebih akurat daripada sensor sidik jari. Selain Aplle Huawei adalah produsen Android pertama yang memperkenalkan sistem yang bekerja di jalur yang sama.

Metode kedua adalah yang digunakan pada HP seperti Galaxy S9 dan OnePlus 5T yaitu menggunakan gambar 2D yang direkam oleh kamera depan. Ini bisa cepat, tetapi juga mudah dibobol. Ini juga bisa salah jika Anda menggunakan kacamata atau berdiri di tempat yang salah.


Iris Scanner

  • Kelebihan: Salah satu bentuk ID biometrik yang paling aman.
  • Kekurangan: Dapat terhalang oleh cahaya terang ,kacamata,lensa.
  • Kapan Menggunakannya: Jika Anda lebih suka menggunakan pemindai sidik jari ponsel Anda.
Pemindaian iris merupakan salah satu bentuk ID biometrik yang paling aman melebihi sidik jari. Pemindai iris memindai kedua matamu. Sehingga lebih cepat dan akurat, dan sangat aman untuk digunakan aplikasi penting. Kekurangannya adalah membutuhkan kerja ekstra. Anda harus menekan tombol power terlebih dahulu, dan diperlukan posisi yang tepat untuk memindai mata. Pemindai iris juga membutuhkan cahaya yang terang, dan mungkin tidak berfungsi d jika Anda memakai kacamata atau kontak lensa.

Smart Lock


Selain opsi keamanan utama, Android menawarkan beberapa fitur Smart Lock yang dirancang untuk membuka kunci HP anda.

Deteksi Pada Tubuh
Fitur ini membuat HP Anda tetap terbuka kuncinya ketika Anda membawanya, seperti di saku atau tas. Sehingga HP anda juga dapat dibuka kuncinya saat ada di saku orang lain.

Tempat Tepercaya
Setiap kali anda berada di lokasi tertentu. seperti rumah Anda, sekolah, kantor, atau di mana saja yang anda inginkan. Namun siapa pun dapat menggunakan ponsel Anda selama itu di lokasi tersebut.

Perangkat Tepercaya
Dengan Penyiapan perangkat tepercaya, HP Anda akan terbuka kuncinya kapan saja dalam jangkauan (sekitar 30 kaki) dari perangkat Bluetooth yang ditentukan. 

Wajah Tepercaya
Fitur wajah Tepercaya telah meningkat pengunanya sejak pertama kali diperkenalkan ke Android, tetapi masih belum menawarkan tingkat keamanan yang tinggi. 

Pencocokan Suara
Pencocokan suara dapat anda gunakan dengan kata cepat “OK Google” untuk membuka kunci ponsel Anda. Ini adalah opsi yang baik jika Anda banyak menggunakan Asisten Google.

Demikianlah artikel tentang informasi tentang macam-macam kunci layar HP Android dengan Kelebihan dan kekurangaannya semoga bermanfaat.

Comments

Popular posts from this blog

Soal Kelas 3 Tema 1 Subtema 4 Pertumbuhan Dan Perkembangan Tumbuhan

Kampus Jurusan PGSD Di Lampung

Niat Mandi Nifas Setelah Melahirkan